Lagi santai memang nikmatnya sambil minum kopi. Kopi selalu menjadi teman yang pas saat sedang tidak melakukan aktivitas. Minuman bubuk seduh sejuta umat ini memang menyimpan manfaat yang sangat banyak bagi pecandunya. Kapanpun dimanapun dan siapapun pasti menyukainya. Dan siapapun berhak menentukan pilihan atas bagaimana cara minum secangkir kopinya, mau pakai gula atau tanpa gula?

Hal ini berkaitan dengan cara seseorang mengambil manfaatnya, apakah kopi tanpa gula lebih sehat dari kopi dengan gula yang memang menjadi standar cara menikmati kopi itu sendiri.

Secangkir kopi hitam tanpa gula bisa dibilang hampir nol kalori. Tapi kopi hitam juga tidak memberikan nilai gizi yang berharga. Secangkir kopi hitam tanpa gula tidak mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Hanya memberikan rasa semangat saja karena efek kafein. Kafein dari secangkir kopi hitam dapat sangat cepat terserap ke dalam darah hanya dalam waktu 20 menit, dan akan menetap dalam aliran darah selama lebih dari 12 jam. Seteguk pertama mungkin menyebabkan jantung berdebar, selanjutnya akan meningkatkan adrenalin dan hal tersebut yang memicu semangat energi.

Sedangkan efek minum kopi dengan gula, Konsumsi gula dalam dosis kecil tidak terlalu harus dikhawatirkan, tapi kebanyakan dari kita makan gula terlalu banyak. Bahkan, beberapa minuman kopi di luaran sana banyak yang tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi kalori. Hal tersebut memicu kadar insulin di otak akibat dari konsumsi gula berlebih, proses pembelajaran dan ketajaman memori otak juga jadi terganggu. Minum kopi dengan gula yang banyak cenderung membuat lebih gelisah dan sulit konsentrasi.

So, pakai atau tanpa gula tergantung pilihan kita sebagai pecandu kopi. Minum kopi yang sehat sebaiknya disesuaikan dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan.